Surga yang Tak Dirindukan : Saat Poligami Goncangkan Janji Surga yang Indah

Pertemuan Pras (Fedi Nuril) dan Arini (Laudya Cynthia Bella) adalah pertemuan dua sejoli yang indah. Pras, seorang anak yatim piatu yang besar di panti asuhan, menemukan tambatan hatinya, Arini, setelah ia menolong seorang anak yang tertimpa musibah. Anak tersebut kemudian membawa Pras pada Arini yang ternyata adalah guru bagi anak-anak kurang mampu. Arini kerap berdongeng dan menceritakan hal-hal baik kepada anak-anak tersebut, termasuk yang ditolong Pras.

Dari pertemuan indah itulah, Pras dan Arini akhirnya menjalin tali kasih dan memasuki bahtera rumah tangga. Rumah tangga yang indah, saqinah, dan menjadi dambaan banyak kaum Muslimin khususnya. Selang beberapa tahun, Pras kini bekerja sebagai kontraktor dan pernikahannya dengan Arini telah memberikan mereka seorang anak yang cantik jelita.

Namun dibinanya keluarga yang indah dengan jaminan surga yang indah pula rupanya tidak didapat dengan mudah begitu saja. Keadaan berubah ketika Pras hendak menuju lokasi proyeknya, sementara Arini dan putrinya berada di rumah orangtua Arini. Setelah menengok proyeknya, Pras berjanji akan menyusul Arini.

Sayang takdir berkata lain. Dalam perjalanannya, Pras menemukan kecelakaan mobil dengan seorang wanita yang mengemudi di dalamnya. Sigap, Pras pun membawa korban langsung ke rumah sakit terdekat. Dan rupanya, wanita yang diketahui bernama Meirose (Raline Shah) itu tengah hamil tua dan akan segera melahirkan. Pras pun bingung. Dan karena tidak ada petunjuk berarti, Pras pun bertanggungjawab atas administrasi rumah sakit Meirose.

Setelah melahirkan, Pras mencoba menengok Meirose ke kamar rumah sakit dan ternyata Meirose tidak ada di sana. Pras panik dan meminta suster serta satpam untuk mencarinya sementara Pras berlari ke luar rumah sakit juga untuk mencari Meirose.

Dan alangkah terkejut Pras ketika didapati Meirose sedang berdiri di ujung jembatan, ingin melompat dan mengakhiri hidupnya. Di sini pergolakan batin terjadi, terungkap siapa sosok Meirose ini sebenarnya, dan Pras, memilih untuk menikahinya.

Kisah di atas adalah bagaimana film Surga yang Tak Dirindukan dimulai. Film terbaru yang diangkat dari novel laris karya Asma Nadia ini memang sangat pas bila diliris di momen Ramadhan dan Lebaran ini. Selain mengandung unsur Islami yang kental, Surga yang Tak Dirindukan juga menghadirkan isu yang kerap menjadi sorotan, yakni poligami.

Untuk masalah pemain rasanya tak ada yang harus dikupas lebih dalam. Laudya Cynthia Bella, untuk pertama kalinya bermain film setelah ia menyempurnakan penampilannya dengan memakai hijab. Ada juga Raline Shah yang kualitas aktingnya sudah tak perlu diragukan lagi. Dan Fedi Nuril yang sudah dua kali memerankan sosok suami yang melakukan poligami. Ketiga pemain ini mampu melebur dan menghidupkan film Surga yang Tak Dirindukan.

Sementara jika bicara keseluruhan, sobat nonton mungkin akan merasa ada yang berbeda dari plot film khususnya di menit-menit awal. Ya, Kuntz Agus selaku sutradara memilih agak cepat pada awal filmnya dan menceritakan kronologis secara lebih lugas dan gamblang. Alur kemudian bergerak melambat ketika Fedi menemukan Meirose dalam sebuah kecelakaan.

Perubahan alur tersebut dipercaya akan membuat sobat nonton lebih mudah memahami isi cerita Surga yang Tak Dirindukan tanpa mengurangi kualitas emosional yang disuguhkan. Adapun untuk beberapa kejadian terasa begitu cepat tereksekusi yang membuat semakin penasaran dengan adegan per adegan selanjutnya.

Perlu diketahui, Surga yang Tak Dirindukan ini adalah proyek besar lainnya dari MD Pictures, diketahui, Manoj Punjabi selaku produser akan melangsungkan gala premiere di kurang lebih 6 kota di Indonesia, Jakarta, Depok, Yogyakarta, dan sebagainya.

Film ini juga sempat mendapat musibah dengan kecelakaan mobil yang menimpa sang sutradara tepat di hari terakhir proses syuting Surga yang Tak Dirindukan di Yogyakarta. Namun pada akhirnya film ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu oleh segenap tim yang terlibat.

Ingin tahu apa alasan Pras menikahi Meirose? Dan bagaimana dengan ‘surga indah’ yang telah dibangun Pras dan Arini? Akankah semuanya berakhir?

Sumber : http://www.21cineplex.com

About Reza Permana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

2 + 4 =

x

Check Also

Child Play (2019)

Child’s Play (2019)

Film Child’s Play kembali dengan karakter ikonisnya, boneka Chucky sang pembunuh. Franchise film ini memang ...