Perluas Memori Internal Ponselmu Yang Penuh!

Smartphone canggih seperti Android tersebut akan terasa sangat menyebalkan jika tiba-tiba saja memori penyimpanan hampir penuh. Apalagi jika kita akan mengunduh sebuah aplikasi penting atau game andaroid terbaru. Biasanya, solusi yang banyak diambil oleh pengguna agar ruang bisa lega lagi yaitu dengan menghapus beberapa file meski dianggap penting.

Tapi jika saat ini anda masih melakukan cara tersebut, lebih baik tahan sebentar karena ada sebuah cara untuk mensiasati memori internal yang sudah penuh tanpa harus mengorbankan aplikasi lain.

Sebenarnya smartphone berlogo robot ijo tersebut mempunyai beberapa cara untuk bisa membuat ruang penyimpanan lebih luas, terlebih lagi yang hampir penuh. Tapi anda harus mengetahui terlebih dahulu, jika memori tersebut sudah penuh namun tetap dipaksa, hasilnya akan terlihat pada perangkat yang menjadi lemot.

Namun jika anda tetap ingin memperluas memori internal yang low tersebut? Langsung saja kita simak Cara Memperluas Memori Internal yang Penuh pada hp atau smartphone Android seperti yang ada dibawah ini.

1. Pindah Aplikasi Bawaan Android ke SD Card

Salah satu hal pertama yang terlihat jika perangkat tersebut sudah mempunyai internal memori yang penuh ialah smartphone menjadi lelet. Entah itu dibuat membuka aplikasi atau menjalankanya.

Jika sudah begitu, anda perlu melakukan check untuk memastikan tinggal berapa kapasitas kosong yang dimiliki memori internal tersebut. Jika memang sudah penuh, file-file lainya bisa dipindah pada eksternal memori yang sudah disediakan.

Pastikan juga bahwa memori SD Card yang anda miliki mempunyai kapasitas besar paling tidak kelas 10. Untuk bisa memindahkanya, kami memiliki dua cara yang bisa anda ikuti semuanya. Langsung saja berikut caranya.

  • Masuk pada menu Settings (Pengaturan)
  • Klik Applications (Aplikasi)
  • Klik Manage Applications (Kelola Aplikasi)
  • Klik pada salah satu aplikasi yang mau dipindahkan ke SD card
  • Klik Move to SD card (Pindahkan ke SD card)

NB: jika didalamnya tidak tersemat tulisan “Move to SD Card” dan adanya tulisan “Move to Phone”, itu berarti aplikasi tersebut sudah terpasang di SD Card sehingga anda tidak perlu memindahnya lagi.

2. Pakai Aplikasi

Untuk cara kedua ini yaitu dengan menafaatkan aplikasi yang tersedia di Google Play Store. Dimana aplikasi bernama Link2SD tersebut mampu membantu anda untuk memindahkan aplikasi dari internal memori ke SD Card dengan mudah.

About Renny Widyanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

28 − 24 =