Don't Breathe

Don’t Breathe : Jangan Main-Main dengan Orang Buta!

Satu lagi film dengan budget minimalis namun berkualitas tayang di Cinema XXI. Adalah Don’t Breathe, horor-thriller terbaru karya Fede Alvarez. Pada debutnya di box office Amerika Utara minggu ini, film tersebut sukses menjadi jawara dengan meraup 26,1 juta dolar AS. Padahal, biaya produksi layar lebar yang diproduseri Sam Raimi itu diperkirakan hanya berkisar 10 juta dolar AS.

Ceritanya sendiri berkisah tentang tiga orang sahabat (Alex, Money dan Rocky) yang mencari uang dengan cara merampok rumah. Namun, ketika mencuri, mereka tidak mengambil duit, melainkan barang-barang berharga untuk dijual kemudian. Apa yang ketiganya lakukan itu tidak pernah gagal atau ketahuan, lantaran ayah dari Alex (Dylan Minnette) merupakan petugas sebuah perusahaan jasa keamanan yang memegang kunci rumah para kliennya.

Hingga akhirnya mereka menjadi serakah dan ingin mendapatkan uang yang lebih banyak. Money (Daniel Zovatto) mendapat kabar jika ada seorang tua buta (Stephen Lang) yang memiliki 300 ribu dollar AS di rumahnya. Ia tinggal sendirian serta merupakan klien ayahnya Alex. Alhasil, ketiganya pun sepakat untuk mengambil uang tersebut, karena menganggap itu merupakan pekerjaan yang mudah. Sesampainya di sana, Rocky cs justru menemui malapetaka yang tak diduga sebelumnya.

Don’t Breathe sejatinya kembali membuktikan jika Alvarez adalah salah satu spesialis horor-thriller terbaik saat ini. Kekuatan pria kelahiran Montevideo, Uruguay ini adalah ia tidak sekedar menyuguhkan suasana mencekam dan ketegangan semata, tetapi juga landasan cerita yang kuat serta storytelling yang baik. Sehingga membuat film ini tidak kering, dalam arti ada konteks atau ide yang ingin disampaikan lewat kisahnya.

Don’t mess with blind man! Mungkin itu salah satu ungkapan tepat untuk menyimpulkan film ini. Namun, harus diakui jika kekuatan terbesar Don’t Breathe terletak pada situasi mencekam dan ketegangan intens ciptaan Alvarez yang nyaris tanpa jeda. Terlebih hal tersebut bisa ia lakukan hanya dalam satu rumah saja! Sutradara Evil Dead (2013) itu mampu memaksimalkan bukan saja budget minimalis, tetapi juga ‘arena bermainnya’ dengan sangat baik.

Setiap sudut rumah tersebut mampu ia eksploitasi sedemikian rupa untuk mengondisikan dan menciptakan adegan-adegan yang dijamin bakal membuat Anda gemas, tidak sabar hingga senewen, karena terbawa emosi dan situasi mencekam yang ada di dalamnya. Apalagi ditambah dengan akting para pemainnya yang sangat impresif. Terutama Stephen Lang yang sukses mengubah realitas kebanyakan orang buta pada umumnya. Ia kejam, bengis dan tak kenal ampun.

Selain itu, hal menarik lain dari film ini yang menjadikannya layak ditonton adalah beberapa plot twist tak terduga yang dijamin bakal membuat Anda terkejut. Ada pula beberapa isu yang menjadi paradoks dan berpotensi mempengaruhi persepsi Anda terkait orang buta dan siapa sebenarnya yang salah atau jahat dalam kisah tersebut.

Malapetaka seperti apa yang dialami oleh Money, Rocky dan Alex di rumah itu? Siapa sebenarnya orang buta tersebut? Saksikan kisah selengkapnya di Don’t Breathe yang tayang mulai 31 Agustus 2016 hanya di Cinema kesayangan Anda.

Sumber : http://www.21cineplex.com

About Reza Permana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

+ 41 = 49

x

Check Also

Child Play (2019)

Child’s Play (2019)

Film Child’s Play kembali dengan karakter ikonisnya, boneka Chucky sang pembunuh. Franchise film ini memang ...