the conjuring 2

The Conjuring 2 : Ketika Komitmen Ed dan Lorraine Warren Diuji

Sudah kangen dengan aksi menegangkan duet paranormal Ed dan Lorraine Warren? Petualangan mereka akhirnya berlanjut di The Conjuring 2 Kembali ditangani James Wan, sekuel ini terbilang lebih seru dan menghibur dibanding sebelumnya. Ceritanya sendiri kembali diambil dari salah satu kasus yang pernah ditangani suami istri ini dan diklaim sebagai yang paling menakutkan. Pasalnya, peristiwa yang dikenal dengan Amityville itu membuat Lorraine meminta Ed untuk rehat sejenak dari dunia yang sudah mereka tekuni sejak lama tersebut.

Pasca kasus Amityville, Ed dan Lorraine diminta pihak gereja untuk pergi ke London, Inggris. Keduanya ditugaskan untuk memeriksa kasus misteri yang menimpa seorang ibu bernama Peggy Hodgson (Frances O’Connor) dan 4 anaknya. Keluarga tersebut mengklaim diganggu oleh roh jahat yang mengaku Bill Wilkins (Bob Adrian), pemilik lama dari rumah yang sekarang mereka tempati. Kemunculannya dipicu oleh permainan sejenis papan Ouija yang dibuat dan dimainkan oleh Janet Hodgson (Madison Wolfe), salah satu anak perempuan dari Peggy.

Pihak gereja ingin memastikan kalau kasus tersebut bukanlah tipuan atau rekayasa dari keluarga Hodgson untuk mencapai tujuan tertentu. Lorraine yang memiliki indra keenam awalnya skepstis, karena tidak merasakan adanya kehadiran sosok gaib di rumah tersebut. Di sisi lain, Ed merasa kasihan dan keduanya merasa ada yang aneh di rumah itu, namun tidak terdeteksi. Akhirnya, demi membuktikan lebih lanjut, mereka menggunakan kamera guna merekam apakah Peggy dan anak-anaknya berkata jujur atau tidak.

Itulah dinamika yang dialami Ed dan Lorraine dalam sekuel ini. Selain menghadirkan kisah baru yang diklaim paling berpengaruh dalam perjalanan pasangan itu, James Wan banyak menghadirkan hal baru yang semakin menekankan jika ia masih memiliki taji di genre horor. Sempat menangani Furious 7 (2015) tak membuatnya kehilangan sentuhan untuk membuat film horor yang bukan saja menyeramkan dan menegangkan, tetapi juga sangat menghibur.

Yang paling mencolok adalah Wan mulai berani menyelipkan unsur humor di dalamnya. Suatu hal yang mungkin jarang dimasukkan di genre ini. Menariknya, itu justru menjadi sesuatu yang fresh dan membuat The Conjuring 2 lebih komplit. Belum lagi ditambah dengan pemilihan musik atau lagu Elvis Presley dan Bee Gees tahun 70an yang mengiringi beberapa adegannya. Sangat unik dan memberikan sebuah pengalaman nonton film horor yang baru. Tidak melulu ‘gelap’, tapi ada hal menyenangkan yang bisa dinikmati.

Wan juga melakukan beberapa pengembangan karakter untuk Ed dan Lorraine. Di sinilah dua tokoh yang dilakoni oleh Patrick Wilson dan Vera Farmiga ini terlihat lebih hidup dan berisi dibanding sebelumnya. Dilema soal ikatan mereka sebagai suami istri di satu sisi dan paranormal di sisi lain ditampilkan oleh sang sutradara, terutama dalam mempertimbangkan berhenti dari pekerjaan mereka. Bahkan, ada plot twist yang akan membuat Anda ragu dan menerka-nerka. Unsur tersebut tidak ada di film pertama.

Dan yang paling penting adalah sutradara 39 tahun itu berhasil membuat penampakan roh jahat yang sangat menyeramkan. Unsur inilah yang tak dilupakan Wan ketika mengembangkan cerita dan karakternya. Seperti apa sosoknya? Bagi yang sudah melihat trailernya mungkin sudah melihat sekilas. Tapi, dengan menonton filmnya secara utuh akan membuat Anda lebih terperangah. Terlebih dengan bagaimana cara sang sutradara Aquaman itu memberikan kejutan kemunculannya.

Hal-hal standar atau umum yang ada di karya Wan sebelumnya, seperti benda-benda yang bergerak hingga pintu yang terbuka dan tertutup sendiri juga menjadi sajian tetap di film ini. Bahkan terbilang lebih intens. Apakah sekuel dari The Conjuring (2013) lebih baik dari sebelumnya? Saksikan The Conjuring 2 yang tayang mulai 10 Juni 2016 hanya di Cinema kesayangan Anda.

Sumber : http://www.21cineplex.com

About Reza Permana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

1 × 8 =

x

Check Also

Child Play (2019)

Child’s Play (2019)

Film Child’s Play kembali dengan karakter ikonisnya, boneka Chucky sang pembunuh. Franchise film ini memang ...