3rd single Isyana Sarasvati “Kau Adalah Feat. Rayi Putra / RAN”

Jakarta, 25 November 2015, bertempat di Soehanna Hall – The Energy Building, dilakukan peluncuran debut album solo Isyana Sarasvati berjudul Explore!

Bagi Isyana Sarasvati, panggilan jiwanya untuk bermusik tidak pernah terbendung. Persentuhannya dengan industri musik tanah air dimulai dengan lagu Keep Being You, yang dirilis pada bulan Oktober 2014, dimana YouTube Vevo mencapai lebih dari 10 juta viewer. Disusul dengan kesuksesan single kedua Tetap Dalam Jiwa yang dirilis pada Maret 2015 dan mencapai lebih dari 23 juta viewer di YouTube Vevo dan menjadi lagu yang paling banyak di putar di radio-radio.

Kesuksesan dua single tersebut justru memacu semangatnya untuk terus berkarya. Ini dibuktikan melalui album Explore! komposisi dan lagu yang disuguhkan sebagai bentuk penjelajahan Isyana menuju kedewasaan bermusik.

“Tidak ada genre yang spesifik. Aku lebih suka menyebutnya sebagai ‘Exploration of Pop.’ Seperti kata Henry Matisse, seniman adalah seorang penjelajah, dia harus mulai dengan mencari jati dirinya, melihat dirinya bertindak dan berkarya, namun tidak menahan itu untuk dirinya sendiri, dan di atas semua itu, ia tidak menjadi mudah puas,” jelas Isyana.

Sebagian besar materi dalam album ini digarap di The Kennel Music Swedia, dibawah supervisi Hayden Bell, A&R Sony Music Asia Pasific.  Komposisi dalam album ini kebanyakan dikemas dalam nuansa RnB, meskipun pada lagu Tetap Dalam Jiwa lebih terasa warna ballad. Tidak semua komposisi diberikan style, seperti pada lagu Mimpi, All Over Me, dan Di Batas Waktu, yang lebih didominasi oleh sentuhan piano dengan latar string yang menawan sehingga memberi warna klasikal, sebagai salah satu kekuatan musikal Isyana.

Dari segi lirik, album ini  banyak bertutur tentang emosi yang mewakili pengalaman banyak orang, pengalaman pribadi ataupun imajinasi. Isyana ingin siapapun yang mendengarkan lagu-lagunya mempunyai pengalaman yang personal.

Selain bekerja sama dengan para musisi manca negara, Isyana juga berkolaborasi dengan musisi tanah air, salah satunya dengan Alam Urbach. Bersama Alam, ia melakukan workshop, dan terciptalah lagu yang dipilih sebagai hit single berjudul Kau Adalah Feat. Rayi Putra / RAN. Lagu ini bernuansa urban R&B yang ringan dan catchy.

Album Explore! resmi dirilis pada 25 November 2015. Pre order album ini sudah dilakukan di iTunes sejak 30 Oktober 2015 dan mendapat respon bagus dari para Isyanation (penggemar Isyana) yang sudah menantikan album ini sejak lama. Terbukti album ini menduduki peringkat pertama iTunes Chart.

Peluncuran album Explore! menghadirkan yang istimewa dari Isyana. Dikemas dalam pertunjukan yang intimate, penonton akan mendapatkan pengalaman baru, dimana sebuah musikalitas yang mempresentasikan jati diri seorang Isyana Sarasvati, dari penyanyi opera klasik menuju dunia pop yang menggairahkan.

Acara peluncuran album ini mendapatkan dukungan apik dari segenap brand. Biore sebagai brand yang pertama kali mengambil Isyana menjadi brand ambassadornya ketika Isyana baru menapaki karir di musik, mendukung Isyana dengan konsep “Brightivity” – sebuah inisiatif yang mengedepankan sosok wanita Indonesia yang mampu menginspirasi dan menyebarkan energi positif dengan prestasi, kepribadian dengan kulit cerahnya. Peluncuran album Explore! ini juga didukung oleh brand Oppo, Emina, Cap Panda, serta Tokopedia.

Tentang Isyana Sarasvati

Isyana Sarasvati lahir dan dibesarkan di Kota Bandung pada 2 Mei 1993 dari lingkungan keluarga pendidik. Sempat bermukim di Belgia mengikuti sang ayah yang bersekolah disana, Isyana yang kala itu berusia 3 tahun sudah menunjukkan ketertarikan pada piano. Ibunya yang merupakan guru electone, piano dan vocal mengarahkan bakatnya. Isyana kecil juga terbiasa mendengarkan musik-musik jazz dan klasik kegemaran ayahnya. Sejak di kelas 1 SD sudah mantap mengatakan ingin menjadi maestro, yaitu seorang komposer sekaligus menjadi konduktor orkestra. Gadis multi talenta ini piawai memainkan sejumlah instrumen musik, antara lain piano, electone, flute, dan saxophone. Demikian juga kemampuan vokalnya yang unik, terutama  di genre opera dan pop.

Musik menjadi wahana eksplorasi Isyana. Umur 7 tahun dia sudah membuat komposisi lagu. Umur 11 tahun ia membuat proyek album bersama kakaknya, Rara Sekar Larasati dengan judul Rara & Isyana.

Sejumlah prestasi yang telah diraih, antara lain 3 kali Juara Grand Prix Asia Pasific Electone Festival (2005, 2008, 2011); Penampilannya yang cemerlang membawanya terpilih menjadi salah satu dari 15 Composer Electone Dunia, yang tampil di Yamaha Electone Concours (YEC) 2012 di Tokyo, Jepang.

Pada usia 16 tahun Isyana mendapatkan scholarship dari Pemerintah Singapore untuk menempuh pendidikan Music Performance di Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA), Singapore, dan pada tahun 2013 telah berhasil meraih Diploma in Music Performance (2013). Dengan prestasi akademiknya, Isyana mendapatkan kembali full scholarship untuk studi lanjutan Bachelor of Music with Honours Funded Degree Programme in collaboration with RCM –London UK.

Isyana lulus dengan predikat Cumlaude (first class) sebagai Bachelor of Music (Honours) dari Royal College of Music (RCM) London, serta memperoleh Best Graduate Award 2015 dari Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA) Singapore  dan juga Award dari Embassy of Peru.

DISKOGRAFI :

ALBUM

Explore! (Album 2015)

 

SINGLES

  • Keep Being You – Oktober 2014
  • Paseban Café (Fariz RM & Dian PP in Collaboration With) – 2014
  • Tetap Dalam Jiwa – Maret 2015

 

PENGHARGAAN

Anugerah Musik Indonesia 2015        Penyanyi Pendatang Baru Terbaik

Anugerah Musik Indonesia 2015        Best Soul/R&B Male/Female Solo Artist (“Keep Being You”)

Inbox Awards  2015                            Most Inbox Newcomer

Insert Awards  2015                            The Hottest Newcomer

Showbiz Indonesia Awards 2015         Rising Star of the Year

 

NOMINASI

Indonesian Choice Awards 2015         Female Singer of the Year

Indonesian Choice Awards 2015         Breakthrough Artist of the Year

Selebrita Awards 2015                              Most Celeb Newcomer

Most Inbox 2015                                 Darling Social Media Artist

Anugerah Planet Muzik 2015             Best New Artist (Female)

Silet Awards    2015                            Razored New Idol

About Surya Pradana

Music Director, Website Administrator, Announcer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

65 − = 55

x

Check Also

Aida Saskia ” SKSD “

Di awal tahun baru 2020, Aida Saskia fokus membuka lembaran baru dalam karir bernyanyinya. Ia ...