streaming server icecast-kh & shoutcast

Streaming Server Icecast-KH & Shoutcast

Streaming… sebuah istilah yang sudah tidak asing lagi di dunia radio broadcast, bayangkan sebuah radio dapat didengar di belahan dunia manapun hanya dengan menggunakan koneksi internet.

Streaming saat ini merupakan salah satu fitur penting dalam sebuah radio yang ingin mendapatkan pendengar diluar coverage area pemancar, tidak sedikit saat ini masyarakat kita yang mendengarkan radio melalui fasilitas streaming, ini dikarenakan lebih mudah di akses baik dari smartphone atau pc dengan bantuan koneksi internet ditambah dengan paket internet yang smakin hari smakin murah dan cepat.

Streaming tidak hanya dipergunakan oleh radio swasta yang beroperasi pada jalur AM dan FM, saat ini streaming sudah mulai dipergunakan oleh perorangan, kampus, sekolah bahkan komunitas untuk membuat radio online, hal ini banyak dilakukan oleh karena sulitnya mendapatkan izin siaran radio swasta.

Untuk membuat radio streaming dibutuhkan sebuah komputer pentium 4 dengan minimal memory 2 giga, software seperti sam broadcast / sam cast, radio caster, radio dj, winamp dan lain lain, koneksi internet yang stabil dan sebuah server streaming seperti icecast atau shoutcast.

autodj_schemaYang perlu diperhatikan dalam membuat radio streaming atau radio online adalah pemilihan data center server karena ini akan menentukan target pendengar dari radio tersebut, contohnya jika kita mempunyai target pendengar yang berada di luar negeri maka sudah seharusnya mencari server streaming yang menggunakan data center berlokasi di luar negeri dan sebaliknya jika target pendengar adalah dalam negeri, namun hal ini bisa di cover jika kita menggunakan server dengan koneksi dalam dan luar negeri yang besar.

Server streaming yang banyak digunakan untuk audio saat ini adalah icecast dan shoutcast, walaupun banyak aplikasi lainnya namun tetap aplikasi ini paling populer.

Ada satu keunggulan dari teknologi icecast server jika dibandingkan dengan shoutcast, yaitu ketika kita menggunakan format streaming audio aac+ maka dengan sangat mudah di embed ke website tanpa harus di restream oleh server lain, selain itu delay audio jika kita menggunakan icecast akan lebih cepat dibanding shoutcast, hal inilah yang menjadikan icecast disebut HD/HQ streaming.

icecast-logoKetika membuka website www.elpasfm.com maka akan terdengar jelas sekali hasil audio yang menggunakan server icecast dengan format stream 40kbps aac+, bagaimana menurut anda? tertarik untuk menggunakan icecast?

Jika radio anda tertarik mencoba teknologi Icecast server kami memberika kesempatan untuk bergabung bersama di server yang kami kelola, selain menggunakan sendiri kami juga menyewakannya.

Saat ini kami menggunakan server dalam negeri (IIX) dengan koneksi lokal up to 1 Gbps dan internasional up to 10 Mbps, cukup mengcover beberapa negara tetangga yang letaknya berdekatan dengan Indonesia

shoutcast-hosting-headerKami juga memberikan pilihan Shoutcast server untuk anda yang menginginkannya, semua pilihan dengan harga terjangkau mulai dari 50rb/bln.

Untuk informasi lebih jelas silahkan hubungi kami melalui email reza@elpasfm.com.

share to media social...Share on Facebook13Share on Google+0Tweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this page

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 6 = 60