Home » Movie » My Stupid Boss 2
My Stupid Boss 2

My Stupid Boss 2

Film My Stupid Boss yang diangkat dari dari sebuah novel dengan judul yang sama karya Chaos@work berhasil mendapatkan lebih dari 3 juta penonton di tahun 2016. Karena kesuksesan tersebut maka kisah terusan Bossman dengan karyawan-karyawannya pun berlanjut. Film My Stupid Boss 2 telah tayang sejak hari ini, 28 Maret 2019.

Kembali berkisah kegilaan, kebodohan dan kekonyolan Bossman dalam menjalankan bisnis dan menperlakukan karyawannya. Kali ini karena sikapnya itu karyawan-karyawan pabrik banyak yang mengundurkan diri. Karena krisis itulah akhirnya Bossman berniat untuk mencari karyawan pabrik baru di Vietnam. Berangkatlah Bossman (Reza Rahadian), Diana (Bunga Citra Lestari), Mr.Kho (Chew Kin-Wah), dan Adrian (Iedil Putra) ke Vietnam. Di Vietnam alih-alih mendapatkan karyawan, justru mereka mendapatkan masalah demi masalah bertubi-tubi karena ulah Bossman.

Sementara itu di Kuala Lumpur, Norahsikin (Atikah Suhaime) dan Azahari (Iskandar Zulkarnain) pun juga harus menghadapi masalah. Keduanya di sandera oleh Gangster sampai Bossman mau melunasi hutangnya. Kali ini ulah Bossman sudah membuat Diana, dkk geram dan berpikir untuk melakukan sesuatu.

Review

My Stupid Boss 2 kembali mengulangi formula yang sama yaitu para karyawan yang tidak habis pikir dengan kelakuan dari Bossman, mereka hanya bisa menggerutu dan mengurut dada, hanya Diana saja yang mampu melawan segala keanehan Bossman. Bedanya kali ini berlatar negara Vietnam yang ciamik dengan segala keindahan alamnya. Bahkan penyelesaian akhirnya pun menggunakan formula yang sama, hanya berbeda karakter saja. Tentu bisa jadi ini akan membuat bosan penontonnya.

Humor yang ditampilkan masih mengandalkan humor-humor komikal yang bertumpu pada kemampuan akting dari aktor dan aktris utamanya, terlebih kepada sosok Reza Rahadian yang hebatnya bukan komedian, tapi penampilannya diatas kebanyakan komedian lainnya. Perbedaan mendasarnya adalah jika yang lain berakting sebodoh-bodohnya dan akibatnya penonton merasa dibodoh-bodohi, Reza Rahadian dengan pintar mampu mengubah kesan itu dengan kembali menampilkan comedy timing, gerak tubuh, mimik muka yang sangat ekspresif dan juga pengucapan Jawa medoknya. Tidak hanya komedinya, akting dramatisnya yang merupakan spesialisasinya pun mampu ditampilkan dengan baik di My Stupid Boss 2.

Akting dari Bunga Citra Lestari dan Chew Kin Wah juga patut diacungi jempol. Bunga Citra Lestari memperlihatkan sisi kegemesan dan kemuakan kepada sosok Bossman yang sungguh sangat tidak masuk akal segala polah tingkah lakunya. Begitu juga dengan Chew Kin Wah sebagai sosok yang sering menampilkan ekspresi menderita karena Bossman.

Turut mencuri perhatian tentu Morgan Oey yang berperan sebagai orang Vietnam, teman bisnis dari Bossman yang menjanjikan dia karyawan dari Vietnam yang terbaik. Morgan Oey sama seperti kebanyakan aktor dan aktris lainnya di film My Stupid Boss 2, memang bukan komedian, tetapi mampu memberikan kesegaran dalam segala humor-humornya.

Memang masih ada beberapa humor yang miss, namun terobati dengan berbagai humor yang bikin ngakak seisi bioskop saking lucunya. Kebanyakan humor-humor terbaik ada dalam humor perbedaan bahasa yang campur aduk antara bahasa Jawa, Indonesia, Vietnam dan Melayu. Humor yang paling miss tentu saat penagih hutang beretnis India dan China saling showdown segala macam keahlian dance mereka. Adegan ini terasa sekali dibuat-buat dengan balutan musik opera yang juga sangat tidak pas. Kelemahan lainnya adalah ceritanya makin konyol, makin liar dan lebih tidak masuk akal dibandingkan dengan film pertama.

Kekuatan utama selain dari humor, aktor dan aktrisnya, ada di segi teknis khususnya di sinematografi, design produksi dan kostum / make up. Sehingga membuat My Stupid Boss 2 sangat cantik dari segi tone warna yang merupakan perpaduan warna dengan unsur kehangatan dan mencolok. Beberapa tone-nya ini mengingatkan dengan film-film Wes Anderson dengan segala quirkiness-nya itu.

Kesimpulan Akhir

Bisa jadi karena ekspektasi saya yang rendah terhadap film keduanya yang disebabkan karena film pertamanya yang menurut saya biasa saja, My Stupid Boss 2 ini jelas lebih menghibur dengan segala humor-humor lucu yang disebabkan karena perbedaan bahasa. Ditambah lagi Reza Rahadian yang selalu memberikan penampilan terbaiknya, padahal dalam peran yang sebenarnya bukan ranah utamanya dia itu.

Patut dipuji adalah dari segi teknis khususnya sinematografi, design produksi dan kostum / make up yang mampu menampilkan palet warna yang sungguh ciamik dan cantik.

Sumber : http://movieden.net

About Reza Permana

Program Director, Website Administrator, Announcer, IT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

6 × = 6

x

Check Also

Halloween : Teror Baru Michael Myers

Halloween : Teror Baru Michael Myers

Pasca peristiwa pembunuhan besar-besaran di malam Halloween empat dekade silam, Laurie Strode (Lee Curtis) ternyata ...