Deepwater Horizon : Ketika Perhitungan Tak Matang Berubah Menjadi Malapetaka

Apa jadinya jika sebuah pekerjaan besar tidak ditangani oleh orang yang ahli dibidangnya? Tentu hasil yang diinginkan tidak akan maksimal atau bahkan jadi berantakan. Karya terbaru Peter Berg berjudul Deepwater Horizon menggambarkan hal itu.

Layar lebar ini didasarkan pada kisah nyata kebocoran minyak yang terjadi di Teluk Meksiko pada akhir Mei atau awal Juni 2010 dan merupakan tumpahan minyak terbesar di lepas pantai dalam sejarah AS. Dalam filmnya itu, Berg menyajikan beberapa fakta sebelum peristiwa mengerikan yang menewaskan 11 orang pekerja tersebut terjadi. Ternyata, ada perdebatan antara pihak British Petroleum (BP), Vidrine (John Malkovich) dan Manajer Proyek, Jimmy Harrell (Kurt Russell).

Mewakili korporasi yang berprinsip waktu adalah uang, Vidrine menginginkan minyak yang ada di Deepwater Horizon segera diangkut dengan menafikan SOP pengecekan mesin dan uji kelayakan menyeluruh. Namun, Jimmy yang sudah berpengalaman di bidang pengeboran minyak puluhan tahun menginginkan sebaliknya, agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan. Sayangnya, kuasa perusahaan asal Inggris itu terlalu kuat dan apa yang ditakutkan benar-benar terjadi.

Layaknya Sully (2016), kekuatan film ini terletak pada ceritanya yang sederhana dan tak banyak dramatisasi. Berg benar-benar berhasil membawa kembali suasana mencekam dan mengerikan yang terjadi kala itu di anjungan. Mulai dari pipa yang bocor hingga gas yang menyebar dan akhirnya menyebabkan ledakan dahsyat serta bertubi-tubi. Anda dijamin akan merasakan sekali situasi menyeramkan di Deepwater Horizon, apalagi jika menyaksikannya di IMAX. Sangat dianjurkan.

Untuk karakter, harus diakui tidak banyak yang menonjol selain Vidrine dan Caleb. Vidrine di sini memang benar-benar sosok menyebalkan dan diperankan dengan sangat baik oleh Malkovich. Sok tahu serta arogan adalah sifat yang paling menonjol darinya. Anda dijamin akan dibuat kesal olehnya. Dylan O’Brien yang melakoni Caleb juga layak diapresiasi. Setidaknya di film ini ia berhasil keluar dari imej Thomas di The Maze Runner (2014) yang selama ini melekat.

Apa sesungguhnya yang menyebabkan kebocoran minyak di anjungan tersebut? Siapa dan berapa orang yang berhasil selamat dari kejadian itu? Bagaimana upaya penyelamatan yang dilakukan? Temukan jawabannya hanya di Deepwater Horizon yang sedang tayang di Cinema kesayangan kamu. Selamat menonton!

Sumber : http://www.21cineplex.com

About Reza Permana

Program Director, Website Administrator, Announcer, IT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

− 2 = 4

x

Check Also

John Wick: Chapter 3 - Parabellum

John Wick: Chapter 3 – Parabellum

Kalimat itulah awal dari segala hal yang akan terjadi di seri ketiga John Wick bertajuk ...